English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wednesday 23 January 2013

Jenis jenis media penyimpanan


Jenis jenis media penyimpanan(memory)

1.        Harddisk(internal)
Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.
Perlu kalian ketahui saat ini harddisk memang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistem operasi yang permanen. Sebagaimana disket, hardisk juga meyimpan data dalam bentuk track, sektor, dan cluster.
                 
2.       Harddisk(external)
Hardisk eksternal adalah harddisk yang terletak di luar komputer, bisa dibawa-bawa. Harddisk external adalah aksesoris komputer yang cukup penting.
1. Mengamankan data penting
2. Back up file
3. Media penyimpanan yang besar 80 GB hingga 3 TB

3.      ROM ( Read Only Memory )
ROM adalah kependekan dari Read Only Memory, yaitu perangkat keras pada komputer berupa chip memori semikonduktor yang isinya hanya dapat dibaca Jenis memori ini datanya hanya bisa dibaca dan tidak bisa ditulis secara berulang-ulang. Memori ini berjenis non-volatile, artinya data yang disimpan tidak mudah menguap (hilang) walaupun catu dayanya dimatikan. Karena itu memori ini biasa digunakan untuk menyimpan program utama dari suatu system.
4.      .PROM (Progammable Read-Only-Memory)
PROM adalah chip memori yang dapat menyimpan program. Tetapi sekali PROM digunakan, kita tidak akan dapat membersihkan dan menyimpan kembali data lainnya.

5.       EPROM (erasable programmable read-only memory)
EPROM adalah jenis khusus dari memori PROM, dimana EPROM ini dapat dihapus dengan menggunakan cahaya ultraviolet.

6.      SRAM (Static Random Access Memory)
Kata “statik” menandakan bahwa memori memegang isinya selama listrik tetap berjalan, tidak seperti RAM dinamik (DRAM) yang membutuhkan untuk “disegarkan” (“refreshed”) secara periodik. SRAM didesain menggunakan transistor tanpa kapasitor. Tidak adanya kapasitor membuat tidak ada daya yang bocor sehingga SRAM tidak membutuhkan refresh periodik.
      
7.       SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory)
Synchronous Dynamic Random Access Memory (SDRAM) adalah sebuah jenis memori komputer dinamis yang digunakan dalam PC. SDRAM juga merupakan salah satu jenis dari memori komputer kategori solid-state.
                                                                                                                                                                        
8.      Zip Driver
Zip driver merupakan media penyimpanan magnetik dengan head yang sangat kecil dan dapat menampung data hingga 750 MB.
 
9.      USB Flash Disk (Flash Drive atau USB Keys)
USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memilikialat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 128 megabyte sampai 64 gigabyte.
       
10.    CD (Compact Disc atau Laser Optic Disk)
CD-ROM merupakan akronim dari “compact disc read-only memory” adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data melalui program pembakaran. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita. CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi).
                          
11.     Cache Memory
Cache Memory adalah tempat menyimpan data sementara. Cara ini dimaksudkan untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut, sehingga apabila ada data yang ingin diakses adalah data yang sama maka akses akan dapat dilakukan lebih cepat. Cache memori ini terletak antara register dan memory utama sehingga pemrosesan data tidak langsung mengacu pada memori utama, kapasitas memory cache tergantung prosesor, manderbod sekitar 1 mb sampai 5 mb.

12.    RAM(Random-Acces Memory)
RAM (Random-Acces Memory) merupakan salah satu jenis memory internal yang menentukan kemampuan sebuah komputer. Memory internal (Internal Memory) bisa disebut juga memory utama (main memory) dan memory primer (primary memory). Komponen ini berfungsi sebagai pengingat.
RAM adalah jenis memory yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer hidup dan mempunyai sifat bisa mengingat data atau program selama terdapat arus listrik dan dapat menyimpan maupun mengambil data dengan sangat cepat.

         
Muhammad firdaus

0 comments:

Artikel lainnya